ORGANISASI KEMAHASISWAAN PROGRAM STUDI GEOGRAFI

Organisasi kemahasiswaan di Program Studi Geografi awalnya memiliki 1 (satu) ormawa yakni Himpunan Mahasiswa Geografi (HMG) yang secara struktural berada di lingkup fakultas, berdiri pada tanggal 20 November 2020 yang saat itu dalam pembentukkannya di support oleh DPM dan BEM FISIP, hingga terbentuk kepengurusan pertama Periode 2020/2021 dengan Ketua Umum Tommy Tori Haga dan dilanjutkan pada periode kedua 2021/2022 Ragha Rahman Nulyakin. Himpunan Mahasiswa Geografi (HMG) merupakan ormawa Program Studi Geografi FISIP ULM yang diharapkan mampu berkembang pada tingkat nasional dan melakukan kerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI).

Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI) adalah organisasi mahasiswa Geografi di seluruh Indonesia sesuai dengan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.115/DIKTI/KEP/1990 yang tujuan utama pembentukannya adalah menggalang komunikasi, koordinasi dan konsolidasi dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa. Komisariat IMAHAGI untuk wilayah Kalimantan masuk dalam komisariat region V yang terdiri 2 (dua) PT yakni Universitas Lambung Mangkurat dan STKIP Palangkaraya (https://imahagi.wordpress.com/seminar/).

Upaya untuk membumikan geografi pada tingkat mahasiswa, juga dilakukan oleh organisasi profesi geograf yaitu Ikatan Geograf Indonesia (IGI) yang saat ini Ketua Umum di jabat oleh Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc. (https://geograf.id/). Program Studi Geografi, FISIP ULM sebagai satu-satunya program studi di regional Kalimantan tentu memiliki peran yang sangat besar dalam menciptakan SDM yang handal dan berdaya saing. Tingginya peran serta aktivitas Program Studi Geografi FISIP ULM dan massifnya permintaan mahasiswa untuk dibentuk berbagai unit-unit kegiatan mahasiswa yang berbasis pada keilmuan geografi, dengan tujuan agar percepatan pelaksanaan kurikulum dapat segera terwujud.
Tanggal 26 Juli 2021 atau bertepatan HUT 2 Program Studi Geografi telah resmi membentuk 7 (tujuh) ormawa internal sebagai wadah mahasiswa melakukan aktivitas barbasis keilmuan geografi, atau secara keseluruhan berjumlah 8 (delapan) ormawa yang tentunya dapat bergabung pada berbagai organisasi geografi di tingkat nasional (IMAHAGI) dan setelah menyelesaikan program sarjana dapat berkolaborasi pada organisasi profesi yakni IGI.

 

No Ormawa Program Studi Geografi Ketua e-mail
1  

Himpunan Mahasiswa Geografi (HMG)

Tommy Tori Haga (Periode 2020/2021)

Ragha Rahman Nulyakin (Periode 2021/2022)

hmg.geografi@ulm.ac.id
2 Geography Sport (GeoSport)

Tommy Tori Haga

(Periode 2021-2023)

geosport.geografi@ulm.ac.id.
3

Geografi Budaya (GeoArt)

Aflu Ronaldo Yuniar

(Periode 2021-2023)

geoart.geografi@ulm.ac.id.
4 Geografi Informasi & Study Club (GeoInfoSC)

Dwi Ratna Sari

(Periode 2021-2023)

geinfosc.geografi@ulm.ac.id.
5

Geografi Rescue (GeoRescue)

Muhammad Aditya Najmi

(Periode 2021-2023)

rescue.geografi@ulm.ac.id.
6 Remote Sensing & Geographic Information System (RSGIS)

Said Muhammad Zakaria

(Periode 2021-2023)

rsgis.geografi@ulm.ac.id.
7 Geografi Maritim Diving Club (GDC)

Asse Padly

(Periode 2021-2023)

gdc.geografi@ulm.ac.id.
8 Geography Entrepreneurship Development Center (GEDC)

Arie Surya Bima Sunarto

(Periode 2021-2023)

gedc.geografi@ulm.ac.id.